MA - BRI JALIN KERJASAMA LAYANAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

Jakarta - Humas: Menindaklanjuti penandatanganan Nota Kesepahaman antara Mahkamah Agung dengan 7 (tujuh) Bank milik pemerintah pada tanggal 28 Agustus 2018 yang lalu, Mahkamah Agung melakukan penandatanganan kerjasama layanan pengelolaan transaksi keuangan secara elektronik dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. di gedung Mahkamah Agung, kemaren (15/01/2019). Dalam penandatanganan tersebut Mahkamah Agung diwakili oleh Sekretaris Mahkamah Agung,    A. S. Pudjoharsoyo, S.H., M. Hum dan PT. Bank Rakyat Indonesia diwakili oleh Direktur Human Capital, R. Sophia Alizsa.

RAPAT AWAL TAHUN DAN SOSIALISASI ANGGARAN TAHUN 2019

Kuala Tungkal, Senin 14 Januari 2019;

Menyambut tahun anggaran baru di awal tahun ini seluruh karyawan Kantor Pengadilan Negeri Kuala Tungkal hadir untuk mengikuti rapat bulanan, yang mana membahas hasil kerja tahun 2018 dan mengevaluasi kinerja keseluruhan masing-masing bidang.

RAPAT AWAL TAHUN

Kuala Tungkal, Senin 14 Januari 2019;

Menyambut tahun anggaran baru di awal tahun ini seluruh karyawan Kantor Pengadilan Negeri Kuala Tungkal hadir untuk mengikuti rapat bulanan, yang mana membahas hasil kerja tahun 2018 dan mengevaluasi kinerja keseluruhan masing-masing bidang.

NOBAR LAUNCHING APPS SIKEP 3.1.0

Kuala Tungkal, Kamis 20 Desember 2018;

Sehubungan dengan acara peluncuran Integrasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi ke dalam Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung RI yang dilaksanakan pada hari ini bertempat di Balairung Gedung Mahkamah Agung RI, seluruh institusi pada empat lingkungan peradilan mengikuti acara tersebut dengan menyaksikan siaran langsung melalui channel mahkamah agung live. Tak terkecuali di Pengadilan Negeri Kuala Tungkal yang turut menyaksikan live dari ruang sidang Cakra.

SOSIALISASI e-COURT

Kuala Tungkal, Selasa 11 Desember 2018;

Mahkamah Agung berkomitmen untuk menciptakan kemudahan dan kelancaran proses persidangan dengan membuat salah satu terobosan, yaitu administrasi perkara secara online yang disebut dengan e-Court. Target keseluruhan badan peradilan telah menggunakan e-Court sebelum masuk tahun 2019 telah dicapai dengan dilaunchingnya e-Court oleh Ketua Mahkamah Agung beberapa waktu lalu. Untuk di propinsi Jambi sendiri, PN Kuala Tungkal merupakan pengadilan yang pertama kali mengaktifkan e-Court.

IKRAR BERSAMA TERHADAP MAKLUMAT KMA

Kuala Tungkal, 10 Desember 2018;

Berdasarkan maklumat Ketua Mahkamah Agung RI dalam maklumatnya Nomor 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Di Bawahnya. Berisikan tentang himbauan agar tiap pimpinan melakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan tugas, terutama perbuatan korupsi yang dapat mencoreng nama badan peradilan.


 
Puji syukur kehadirat Tuhan YME atas terwujudnya situs resmi Pengadilan Negeri Kuala Tungkal di alamat www.pn-kualatungkal.go.id.  Situs ini merupakan media informasi yang dapat dimanfaatkan tidak hanya di wilayah hukum Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tetapi masyarakat secara umum. Dalam pembangunannya situs ini juga merupakan implementasi dari SK KMA Nomor: 1-144/KMA/SK/I/ 2011 tentang Keterbukaan Informasi di pengadilan. Harapan kami semoga situs ini dapat mendukung untuk tercapainya modernisasi pengadilan di Indonesia.

 

KETUA PENGADILAN NEGERI KUALA TUNGKAL

 

ACHMAD PETEN SILI, SH.,MH.

 

Foto : Keluarga Besar Pengadiilan Negeri Kuala Tungkal


Index Berita :

Beranda

 

KETUA MAHKAMAH AGUNG RESMIKAN 85 PENGADILAN BARU DI KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Kuala Tungkal, Senin 22 Oktober 2018;

Hari ini Senin, 22 Oktober 2018 Ketua Mahkamah Agung Resmikan 85 Pengadilan Baru di Melonguane Kabupaten Talaud. Pengadilan Negeri Kuala Tungkal sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 9 Tahun 2018 tentang Publikasi Peresmian Operasional Pengadilan Baru ikut berperan aktif dalam publikasi peresmian operasional Pengadilan Baru. Peresmian 85 Pengadilan Baru oleh Ketua Mahkamah Agung dapat dilihat live stream pada Youtube pada channel : https://youtu.be/KNbWd3C84uk dimulai dari Sambutan oleh Bupati Kabupaten Talaud, dilanjutkan dengan Sambutan oleh Sekretaris Mahkamah Agung disampaikan oleh Bp. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH.,M.Hum bahwa 85 (delapan puluh lima) pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 (tiga) badan peradilan yaitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama dan 3 (tiga) Mahkamah Syar’iyah serta 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara.

Selanjutnya setelah sambutan Gubernur Sulawesi Utara, Sambutan oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH, MH. Beliau menyampaikan hal ini juga menjadi bagian dalam upaya mencapai asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan. Dengan adanya peresmian di Melonguane sebagai bentuk perhatian terhadap daerah-daerah perbatasan yang sejalan dengan program Presiden RI agar memperhatikan pembangunan daerah-daerah perbatasan sebagai wujud kepedulian Pemerintah Pusat terhadap daerah-daerah terpencil di Indonesia. Dalam pidato sambutan YM Ketua Mahkamah Agung RI mengucapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten, dan Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara yang telah berpartisipasi dalam peresmian 85 Pengadilan di Kepulauan Talaud. Dengan Bismillahirrohmanirrohim akhir 85 Pengadilan secara resmi di resmikan untuk bisa beroperasional oleh Ketua Mahkamah Agung RI.

 


  

      SIARAN PERS

KETUA MAHKAMAH AGUNG RESMIKAN 85 PENGADILAN BARU DI KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Yth. Rekan-rekan media cetak dan Online

Dalam rangka mendekatkan pelayanan pengadilan kepada masyarakat pencari keadilan (Access to Justice), Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali,. S.H., M.H meresmikan operasionalisasi 85 (delapan puluh lima) Pengadilan baru di seluruh Indonesia, pada Hari Senin tanggal 22 Oktober 2018 di Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. 85 (delapan puluh lima) pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 (tiga) badan peradilan yaitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama dan 3 (tiga) Mahkamah Syar’iyah serta 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara. Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama yang baru dibentuk tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan berada di ibukota kabupaten dan Kotamadya, sementara Pengadilan Tata usaha Negara berada di Ibukota Propinsi.

Dibentuknya pengadilan baru, daerah-daerah yang awalnya secara geografis berada sangat jauh dari kantor pengadilan karena berada di wilayah ibukota kabupaten yang dimekarkan sehingga menyulitkan masyarakat pencari keadilan, saat ini sudah tidak lagi menjadi kendala utama. Selain itu, masyarakat tidak lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk menuju ke pengadilan karena waktu tempuh menjadi relatif singkat.

Pemilihan Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai lokasi peresmian pengadilan baru merupakan bentuk perhatian dan apresiasi pimpinan Mahkamah Agung terhadap Pengadilan-pengadilan yang berada di wilayah pelosok dan pulau terluar di Indonesia. Kabupaten Kepulauan Talaud terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi dan wilayah paling utara di Indonesia timur serta berbatasan langsung dengan daerah Davao del Sur, Filipina. Selain dihadiri Ketua Mahkamah Agung RI, acara peresmian tersebut dihadiri oleh beberapa orang hakim agung, Sekretaris Mahkamah Agung dan Pejabat Eselon Satu di lingkungan Mahkamah Agung dan serta pimpinan Pengadilan yang baru diresmikan.

Sesuai arahan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung dalam berbagai kesempatan, peresmian 85 (delapan Puluh lima) Pengadilan baru merupakan langkah strategis sekaligus bentuk perhatian dari pemerintah (eksekutif) dan Mahkamah Agung (yudikatif) dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Meskipun dengan segala keterbatasan anggaran, sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu seluruh Pengadilan yang baru dibentuk harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di daerah, sembari Mahkamah Agung terus berupaya untuk mengajukan anggaran untuk membangun kantor pengadilan secara bertahap.

Demikian siaran pers ini dibuat untuk dimaklumi bersama dan atas kerjasamanya diucapkan terimakasih.

 

Jakarta, 18 Oktober 2018

Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI

 

 

Dr. Abdullah,. S.H., M.S.

 

Search

  • 01-Achmad-Peten-Sili.jpg
  • 02-Andi-Hendrawan.jpg
  • 03-Ricky-Emarza-Basyir.jpg
  • 04-Denihendra-ST-Panduko.jpg
  • 05-Feri-Deliansyah.jpg
  • 06-Sherly-Risanty.jpg
  • 07-Julianto.jpg
  • 08-Adri-Helver-Roniarta.jpg
  • 09-M-Najmi.jpg
  • 10-Achmad-Usni.jpg
  • 11-Edi-Santoso.jpg
  • 12-Iriyanto.jpg
  • 13-Sulfayetri.jpg
  • 14-Mayrino-Sustra.jpg
  • 15-Desy-Anggraini.jpg
  • 16-Yuvitalia-Syari.jpg
  • 17-Febri-Dwi-Saputra.jpg
  • 18-Johannes-PS-Marbun.jpg
  • 19-Yuli-Ropika-Hasnita.jpg
  • 20-Jhon-Hendriansyah.jpg
  • 21-Iskandar.jpg
  • 22-Suharry-Mondri.jpg
  • 23-Benny-Ramadhan.jpg
  • 24-Mariska-Dewi.jpg
  • 25-Yudi-Adrian.jpg
  • 26-Mutmainah.jpg
  • 27-Fitriyanti.jpg
  • 28-Nora.jpg
  • 29-Abdul-Halim.jpg
  • 30-Supriyadi.jpg
  • 31-Purnamasari.jpg



Login Form

Peta PN se Indonesia

Alamat Kami :
Jl. Prof. DR. Sri Soedewi MS, SH., Kec. Bram Itam, Kuala Tungkal. Jambi 36510
Telp/Fax : 0742-7351000
Email : pn_kualatungkal@yahoo.co.id

Legetøj og BørnetøjTurtle